Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 21 – 27 April 2024

Gambar
  Ulangan 14 : 22 – 29   Thema :  Nehken Persepuluhan Tanda Kehamaten Bahasa Karo   " Serapkenlah persepuluhen, eme sepersepuluh i bas ulih jumandu nari tep-tep tahun. Emaka lawes lah ku ingan si sada e si nggo ipilih TUHAN Dibatandu man ingan ersembah. I bas ingan e i adep-adepen TUHAN, panlah persepuluhen gandumndu, anggurndu, minak saitunndu ras anak si pemena i bas lembundu ras biri-birindu. Lakokenlah enda gelah banci kam erlajar rusur mehamat man TUHAN Dibatandu. Adi persepuluhen i bas ulih latih bekas pemasu-masun TUHAN man bandu e ndauhsa iakapndu mabasa i bas rumahndu nari ku ingan ersembah, bagenda lah perbahanndu: dayaken ulihndu latih e, emaka baba tukurna ku ingan ersembah si sada e. Tukur lah alu e kai kam merincuh: daging lembu, anak biri-biri, anggur, bir; emaka i bas ingan e, i adep-adepen TUHAN Dibatandu, panlah si e kerina dingenndu ersenang-senang ras keluargandu. Ula lupaken kalak Lewi si ringan i kotandu, erkiteken la lit ertana jine. Fakta Dan Makna i 1. S

Wow Inilah 11 Orang Karo Yang Tanggung Jawabnya Raksasa Dan Prestasinya Kelas Dunia

Jangan anggap remeh terhadap Suku Karo, dan jangan lagi merasa minder sebagai keluarga besar merga silima. Mengapa, karena putra putri terbaik Suku Karo terbukti  saat ini sudah mencapai puncak puncak prestasi dan diberikan tanggung jawab yang sangat besar oleh Lembaga tempat mereka bekerja baik swasta maupun pemerintah.

Mereka mampu mendapatkan kepercayaan yang sangat besar, sehingga kiprah mereka sangat menentukan kehidupan banyak orang.  Dana yang dipercayakan untuk mereka kelola pun luar  biasa besarnya, mulai dari satu trilunan sampai ratusan triliun rupiah Woooow.

Siapa saja mereka? Mari kita simak satu persatu, saya berhasil menemukan 11 orang diantara mereka, yang luar  biasa.  Sepuluh orang dilaki dan satu orang wanita.   Saya urutkan secara terbalik, mulai dari nomor sebelas smapai nomor satu.  Mengapa saya urutkan terbalik, engga apa apa lah, supaya berbeda dari biasanya saja.  Hehehe. Ula ka kam nembeh bage gia kuban ya.

No 11. Prof Dr Runtung Sitepu, SH.  Rektor Universitas Sumatra Utara. Putra karo yang sangat ramah dan rendah hati. Seluruh Citivas Academica Universitas Kebanggaan Sumatra Utara  yang mempunyai jumlah mahasiswa dan tenaga pengajar belasan ribu orang,  sekarang dikomandoi oleh Pak Sitepu ini.  Dan dalam sejarah Universitas  Sumatra Utara baru kali inilah Rektornya orang Karo


.
No 10. Pt  Kolonel dr Alexander Kaliaga Ginting, SpP. Ketua Runggun, Ketua Yayasan Kesehatan PGI dan baru saja diangkat menjadi dokter kepresidenan.  Bayangkan, kesehatan Presiden, Wakil Presiden dan keluarganya menjadi tanggung jawab nya. Jadi dia akan selalu berada di Ring 1 Presiden.  Wah wah wah… pertua yang Kolonel ini dan dokter Spesialis ini benar benar mirip Nehemia kepada Raja  Artahsasta



No 9 . Irjen Pol Arman Deparii. Baru saja diangkat menjadi Wakil Kepala Badan Narkotika Nasional  selepas dia menjabat Kepala Polisi Daerah Riau Kepulauan.  Sebagai Wakil Kepala tentu Irjen Arman berbagi tanggung jawab dengan atasannya mengelola dana BNN yang besarnya sekitar Rp 1,6 Triliun pertahun.   Lagi  pula bahaya Narkotika sudah dalam taraf sangat mencemaskan, jadi seluruh Bangsa ini tentu berharap kepada  BNN untuk menuntaskan bahaya Narkoba ini.  Taruhannya nyawa, dalam melakukan pekerjaan sehari hari.  Luar Biasa Jenderal Sembiring.



No 8. Terkelin Berahmana SH. Bupati Karo terpilih untuk priode 2015-2020.  Sebagai Bupati Karo, Terkelin akan menjadi penentu untuk seluruh kebijakan di kabupaten karo yang mempunyai penduduk lebih kurang 280 ribu jiwa.  Setiap tahun dia akan mengelola anggaran sebesar sekitar Rp 1,7 Triliun. Saya bulatkan saja supaya gampang menyebutnya, karena APBD Karo yang sudah disepakati adalah sebesar  Karo Rp1.712,767.793.153 



No 7. Adalah Ngogesa Sitepu.  Bupati Kabupaten Langkat untuk periode yang kedua. Luar biasa Pak Sitepu yang satu ini, mampu terpilih kembali untuk dua periode berturut turut, bukti piawainya kepemimpinan beliau. Anggaran yang dikelola pertahunnya sesuai dengan APBD adalah sebesar Rp 1,8 Triliun.  Dalam publikasi saya catat persisnya APBD Langkat adalah Rp1.830.662.300.500



No 6 . Eka sari Lorena Br Surbakti .  Presiden Direktur Lorena Group, sebuah perusahaan yang bergerak dalam transportasi  secara menyeluruh.  Perusahaan yang didirikan oleh ayahandanya sendiri yang sudah dikenal secara luas di seluruh Indonesia melalui Bus Bus Antar Propinsi dan angkutan dan pengiriman barang.  Saat ini asset yang dimilki dan dikelola Beru Karo inilebih kurang Rp 2 Triliun rupiah (data tahun 2014)



No 5 adalah Laksamana Madya Ari Henricus Sembiring Meliala.  Beliau adalah Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Republik Indonesia  sejak bulan Februari 2016.  Sebagai wakil kelapa Staf Angkatan Laut Pak Sembiring mempunyai  tanggung jawab yang sangat besar dan krusial. Beliau bertanggung jawab untuk menjaga setiap jengkal dan titik laut Indonesia yang angat luas ini. Seluruh persenjataan dan kapal kapal perang kita tentu berada dibawah kendali beliau.  Wooooowwwww luar biasa sekali tanggung jawab Putra Karo ini.  Dari sisi Anggaran dana yang dikelola Angkatan Laut per tahunnya adalah sebesar Rp 4,7 Triliun.



No 4. Mahar Artanta Sembiring. Presiden Direktur PT Central Proteina Prima Tbk.  Perusahaan yang bergerak dibidang peternakan dan pengepakan udang terbesar di seluruh dunia. Mahar Atanta yang namanya asli karo adalah lulusan dari tiga universitas top di dunia. Syracuse, Cornel dan Stanford University.  Universitas tempat lahirnya ahli ahli pemenang hadiah nobel. Sebagai Presiden Direktur Mahar bertanggung jawab untuk mengelola asset senilai Rp 8,4 Triliun.



No 3.  Edimon Ginting PhD, Deputy Country Director Asian Development Bank (ADB).  Ginting Mergana yang lahir di Lau Gendek ini lulus PhD dari Monash University di Australia dan pernah bekerja di IMF sebelum berkarier di ADB. Sebagai Deputy Country Director di Indonesia maka Edimon ikut menentukan besarpinjaman Indonesia yang kalau dirata ratakan sekitar 2 Milyard Dollar per tahun atau sekitar Rp 26 Triliun.  Berita terbaru Edimon Ginting sudah menjabat di kantor pusat ADB di Philipina.



No 2 Elias Massa Manik, Yang Baru beberepa hari dilantik menjadi Direktur utama Holding PT Perkebunan Nusantara.  Luar biasa, Lulusan ITB dan Asian Institute Of Management ini adalah professional bertangan dingin yang sudah berkali kali berhasil menyelamatkan perusahaan dari kehancuran dan merubahnya menjadi perusahaan yang sangat sehat dan menguntungkan. Sebagai direktur utama Holding PT Perkebunan, Massa diberikan tanggung jawab yang sungguh sangat besar sekali.  Bayangkan empat belas PTPN dengan total asset lebih kurang Rp 600 Triliun.  
Terbayangkenndu denga nge piga Buena e?  Uga adi tukurken becih jaung. Hahahahaha.



No 1. Siapa yang saya tempatkan di Nomor ini, coba tebak? Saya menempatkan seseorang yang mempunyai tanggung jawab tidak hanya raksasa namun tanggung jawabnya menentukan kehidupan orang selama lamanya.  Tidak hanya di dunia tapi juga di akhir dunia.  Beliau bertanggung jawab untuk membantu menentukan dan mengajarkan kepada manusia tidak hanya hidup layak di dunia, tapi juga sampailah ke surge.  Pdt Agustinus Purba STH, MA. Ketua Umum Moderamen GBKP.  Saat ini warga GBKP di seluruh dunia ada sebanyak 300.000 jiwa, lima ratusan pendeta, belasan ribu pertua dan diaken. JUga sekitar 500 an gedung gereja, serta asset asset tanah dan bangunan yang lain


.
Inilah sebelas orang Putra Terbaik Karo yang prestasinya diakui nasional dan international, hebat sekali mereka.  Disamping yang sebelas ini masih ada juga beberapa orang yang lain yang suatu saat bisa bisa lebih besar dari nama nama diatas. Mereka antara lain adalah Arya Sinulingga, Direktur di MNC, Lotto Srinaita Beru Ginting Direktur di Kementerian Keuanganl, Hasil Sembiring, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Budianto Surbakti, Direktur di Pt Schneider Indonesia dan seorang remaja yang masih muda belia, namun prestasinya juga sudah sangat luar biasa Grace Beru Sembiring, seorang General Manager di Adaro.  Kita harapkan prestasi prestasi putra putri Karo terus berkesinambungan menduduki jabatan jabatan penting di Negeri ini.

Lalu apa yang membuat mereka bisa sehebat sekarang ini? Salah satu penyebabnya karena mereka pernah memakan bulung gadung. Hahahaha.  Lalu mereka juga pasti pernah memakan cipera dan tasak telu juga pagit pagit. Hahahha, Itulah makanan khas Suku Batak Karo yang membuat prestasi mereka mencapai puncak puncak tertinggi.

Ula kena serius sa min.  Jangan terlalu serius lah…hahaha. Faktor keberhasilan mereka pasti karena memperjuangkan diri untuk sampai ke taraf itu.  Tidak ada yang mudah, tidak ada prestasi tanpa kerja keras, kerja cerdas, dan semangat  belajar yang sungguh sungguh. Berani mencoba, pintar bergaul dan juga menghormati orang tua.  

Saya yakin sekali bahwa orang tua lah yang berjasa untuk menghantarkan anak anaknya ke puncak prestasi kehidupan. Apalagi kalau orang tuanya, bapa ras nandena ngajarken anak na dem kekelengen rikut ras toto ras pasu pasuna.  Oleh sebab itu kepada siapa saja, seluruh  anak anak muda yang ingin mencapai prestasi yang setinggi tingginya seperti mereka, mari bekerja keras dan hormatilah serta kelengilah nande ras bapanta. Mejuah juah. 

Kuala Namu International Airport, Minggu 17 April 2016


Komentar

Nangin mengatakan…
Sebagai orang yang berasal dari suku Karo, dengan melihat data tersebut , kita harus bangga, dan kalau kita lihat dalam perkembangannya suku Karo adalah salah satu suku yang cukup berkembang cukup cepat dan memiliki kompetensi dan kafabilitas yang dapat diandalkan. Semoga suku Karo kedepannya makin bertambah maju dan dapat bersaing dalam segala bidang. Diatas semua itu, marilah kita semua berdoa semoga masyarakat suku Karo terus dapat bersatu, terutama jika ada yang dicalonkan untuk menjadi Gubernur di Sumatera Utara. Tuhan memberkati
Analgin Ginting mengatakan…
Setuju kal sama ide ndu impalku, tambar malem mergana. Kita harus terus meningkatkan kapabilitas diri, khususnya anak anak muda kita. Dan juga merendah diri dihadapan Tuhan. Disamping itu persatuan dan kesatuan kita harus kita wujudkan dalam tataran yang lebih sinergis. Jangan lah kita saling merendahkan, tapi lebih baik kita saling mengapresiasi.
Tulisan ini saya buat salah satu tujuannya biar kita saling memuji dan saling mengangkat sesama suku Karo. Mejuah juah.
Unknown mengatakan…
Tpi adi banci tolong Sitik kataken man abangta ena arman depari,,tanah karo sangana darurat narkoba,,ena merusak generasi" muda kalak karo.
(Adi go salah benana pasti lepak pendungina)
Ise nari pagi sigantiken orang" hebatta ena dai?(ula lupa pesikap kuta kemulihenta) bujr.
Unknown mengatakan…
Tpi adi banci tolong Sitik kataken man abangta ena arman depari,,tanah karo sangana darurat narkoba,,ena merusak generasi" muda kalak karo.
(Adi go salah benana pasti lepak pendungina)
Ise nari pagi sigantiken orang" hebatta ena dai?(ula lupa pesikap kuta kemulihenta) bujr.

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023