Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 21 – 27 April 2024

Gambar
  Ulangan 14 : 22 – 29   Thema :  Nehken Persepuluhan Tanda Kehamaten Bahasa Karo   " Serapkenlah persepuluhen, eme sepersepuluh i bas ulih jumandu nari tep-tep tahun. Emaka lawes lah ku ingan si sada e si nggo ipilih TUHAN Dibatandu man ingan ersembah. I bas ingan e i adep-adepen TUHAN, panlah persepuluhen gandumndu, anggurndu, minak saitunndu ras anak si pemena i bas lembundu ras biri-birindu. Lakokenlah enda gelah banci kam erlajar rusur mehamat man TUHAN Dibatandu. Adi persepuluhen i bas ulih latih bekas pemasu-masun TUHAN man bandu e ndauhsa iakapndu mabasa i bas rumahndu nari ku ingan ersembah, bagenda lah perbahanndu: dayaken ulihndu latih e, emaka baba tukurna ku ingan ersembah si sada e. Tukur lah alu e kai kam merincuh: daging lembu, anak biri-biri, anggur, bir; emaka i bas ingan e, i adep-adepen TUHAN Dibatandu, panlah si e kerina dingenndu ersenang-senang ras keluargandu. Ula lupaken kalak Lewi si ringan i kotandu, erkiteken la lit ertana jine. Fakta Dan Makna i 1. S

Empat Atau Lima Orang Karo Akan Menjadi Anggota Legislatif, DPR RI

Saat ini dalam periode 2009 – 2014 kita tidak mendengar ada orang suku Karo yang duduk di DPR sebagai seorang legislator.   Padahal pada periode sebelumnya selalu saja ada Karo yang menjadi anggota DPR.  Bahkan pernah seorang putra karo bermarga ginting menjadi salah seorang anggota DPR yang paling terkenal, cerdas dan santun  yaitu Almarhum DR Sutradara Gintings.




Pada Pemilu tahun 2014 nanti ternyata banyak Orang Karo yang akan menjadi calon anggota DPR.  Memang masih calon sementara, namun beberapa diantara mereka nampaknya akan menjadi calon tetap.
Ketika saya menelusuri website nya KPU saya menemukan belasan orang Karo akan menjadi calon dari bermacam macam Partai Politik peserta pemilu.   Delapan  dari 12 partai peserta Pemilu tahun 2014 bisa saya masuki untuk  membaca calon calon yang diusulkan untuk menjadi anggota DPR.  Dari 12 partai tersebut, satu partai yaitu PPP tidak ada mencalonkan Orang Karo menjadi anggota DPR.  Sedangkan 3 Partai yaitu PKB, Golkar dan PKS saya belum bisa baca apakah ada calon anggota DPR dari Suku Karo.



Berikut adalah nama namanya.

1.    Partai Nasdem mencalonkan Gelora Tarigan SH dari daerah Pemilihan Sumatra Utara III dengan no urut 10.  Selain dari Sumatra Utara ada calon yang lain yaitu dari Riau I dengan anama Dr Arifin Bantu Purba, SH, MH dengan no urut 5.



2.    Partai Gerindra mencalonkan Cory Sriwaty Sebayang dengan no 4, Herman Ginting SH, MH dengan no 7 dan Drs Liasta Karo Karo Surbakti dengan no urut 10.  Tiga tiganya calon ini dari daerah pemilihan Sumut III.

Cory Sebayang



3.    Partai PDIP mempunyai calon orang Karo dari semua daerah pemilihan di Sumatra Utara, baik Sumut I, Sumut II maupun Sumut III.   Dari Sumut I ada nama Baltasar Tarigan SE dengan  no urut 4, Sumut II  Adityawaman Gintings no urut 10, sedangkan dari Sumut III ada 2 nama yaitu Sudiaman Tarigan SH, MH dengan no urut 2 dan H Edwin Ginting Suka, Amd dengan No urut 10.

Sudiaman Tarigan SH, MH



4.    Partai Demnokrat mengusulkan dua nama dari Sumatra Utara.  Namun saya juga melihat ada nama orang Karo dari daerah pemilihan Jawa Tengah, meskipun saya belum yakin benar itu adalah orang karo.   Dari Sumut I ada nama M Subur Sembiring dengan no urut 10 dan dari Sumut III ada nama  H Rudi Hartono Bangun SE, MAP dengan no urut 8.  Dari Jateng I ada nama A.Brahmana SE, Msi dengan no urut 2.


5.    Partai Hanura. Mencalonkan Ketua DPRD Sumatra Utara saat itu yaitu Drs HN  Serta Ginting dengan no urut 2.


6.    Partai PAN mencalonkan Rajin Sitepu dari Sumut III dengan No urut 4.


7.    Partai PBB yang dipimpin oleh H MS Kaban mencalonkan dua orang Putra Karo dari Dapil Sumut yaitu Sumut I Rusdi Sinuraya dengan No urut 8 dan dari Sumut III PBB mencalonkan Letjen (Purn) Arifin Tarigan dengan No urut 1


8.    Partai PKPI yang dipimpin oleh Sutiyoso mencalonkan 4 orang Putra Karo yaitu : Sumut I Ruslim Rohimun Sembiring, SE dengan no urut 5, Sumut III Sarmita Sembiring dengan No urut 5, dan dibawahnya masih dari Sumut III Mitar Pelawi SH, MM dengan No urut 6. Masih ada satu calon lagi dari Dapil Riau 2 yaitu Elfrida Tarigan dengan No urut 5


Dari semua nama nama calon diatas beberapa nama nampaknya calon jadi ataupun calon sangat jadi. Hahahaha.  Saya pribadi sangat yakin 5 atau 6 orang diantaranya akan menjadi anggota DPR RI untuk periode tahun 2014 sd 2019.  Minimal saya kira akan ada empat orang yang akan menjadi anggota legislatif yang kepadanya kita menggantungkan harapan untuk kemajuan Tanah Karo  dan khususnya Orang Karo.  Semoga lah...

Komentar

Anonim mengatakan…
Berapa orang dari Karo yang menjadi anggota DPR saat ini?
Analgin Ginting mengatakan…
Ada 3 orang kalau gak Salah. Tks.

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023