Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Allah Tidak Meyetubuhi Maria untuk Memperanakkan Yesus Kristus

Setahu saya tidak ada agama yang mampu menarik orang dari agama lain masuk ke agamanya. Kalaupun ada, paling tingkat ritual saja. Dan dalam agama kan bukan ritualnya yang lebih penting? Jadi kalau seseorang dari agama manapun masuk menjadi agama Kristen, dan akhirnya ikut merayakan Natal itupun bukan karena kemampuan persuasif seorang manusia. Di kristen kami percaya, jika ada orang lain percaya, lalu dibaptis, lalu menjadi pengikut Kristus dan menjadi Kristen, itu hanya terjadi karena pekerjaan Yesus Kristus melalui Roh Kudus Nya.

Roh Kudus itu ya, adalah Roh, seperti angin kali ya, yang kalau Dia berkehendak mendatangi dan mengasihi seseorang maka tidak ada yang bisa membendungNya. Semua akan mengikuti petunjukNYA. Jadi himbauan apapun tidak akan mempan untuk membatasi seseorang mengucapkan apapun. Kalau hati Anda sudah bergejolak kuat karena disentuh oleh Roh Tuhan, tidak ada lagi benteng terakhir Anda.




ALLAH itu Maha Kuasa, artinya banyak yang tak terduga yang bisa Dia Lakukan. Tidak akan ada manusia yang mampu membatasi kuasaNYA itu. Dogma yang merupakan kesepakatan para “nabi” dan pemimpinnya pun tidak mampu mendefenisikan Tuhan Allah itu.

Lalu, mengapa kita membatasi Dia mau beranak atau tidak beranak? Apakah kita dapat benar-benar paham dengan pengertian beranak itu? Lalu mengapa manusia beranak? Mengapa manusia bisa beranak ya. Mengapa cara beranak manusia seperti sekarang ini, mengapa dengan tidak cara kloning saja semua. Apakah terlalu sulit untuk Tuhan memodifikasi cara beranak manusia?

Di dalam Orang Kristen kami percaya bahwa yang lahir itu adalah manusia, yang bernama Yesus Kristus. Lahir nya aja dikandang domba, karena kesombongan manusia kala itu sehingga tidak memberi tumpangan bagi ibunya untuk beranak. (Apakah ada diantara Kompasianer yang punya pengalaman, ada orang mau numpang hanya untuk beranak, eh bersalin di rumahnya? Anda terima dan layani gak? ). Akhirnya Dia memilih di Kandang domba.

Belakangan ada orang iseng yang berfikir kalau Dia mati si salib pasti ada tetesan darahNya. Dan semua yang menetes ke bumi pasti bisa ditemukan jejaknya. Benar ada temuan terhadap kering darah itu. Lalu di bawa ke laboratorium, di tes kromosomnya. Jumlahnya 23. Biasanya manusia mempunyai jumlah kromosom 46, setengah dari ibu dan setengah dari ayah. Yesus Kristus lahir dan menjadi manusia sempurna dengan jumlah kromosom hanya 23. Artinya?

Artinya Allah Bapa tidak menyetubuhi Maria untuk memperanakkan Yesus. Jadi dalam pengertian apa Allah itu beranak? Tapi yang benar Maria yang manusia tulen, dan wanita cantik dijamannya yang tiba-tiba mengandung, dan melahirkan anak. Ketuhanan Yesus mulai dirasakan ketika dia dengan rendah hati datang kepada Yohanes Pembaptis, sahabatnya sejak dalam kandungan, untuk dibaptis. Dan seketika setelah Dia dibaptis, langit terbuka dan ada suara sangat berwibawa yang mengatakan bahwa “Dia ini adalah anakKu”. Jadi Allah “MeMuhankan “ Yesus Kristus melalui FirmanNya. (Sayang saat itu belum ada recorder yang bisa merekam suara itu, kalau ada pastilah operator telkom akan semakin kaya, karena di hari natal ini banyak orang akan saling mengirim suara itu.) Jadi kami pun setuju bahwa Allah itu tidak beranak, seperti cara bersalin manusia di RS Hermina. Salam damai…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023