Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

SITUASI PENGUNGSIAN DAN KEGIATAN MODRAMEN GBKP SABTU 4 SEPTEMBER 2010


Beberapa informasi sehubungan dengan kegiatan Team Penanggulangan Bencana Gn Sinabung GBKP.

1. Berita Pengungsi : Pengungsi pada umumnya masih tetap bertahan di Posko masing-masing. Distribusi logistik ke masing-masing Posko berjalan dengan baik. Hari ini jumlah Posko pengungsi yang dilayani Team Penanggulangan GBKP bertambah dua yaitu di desa Bintang Meriah, Panti Pengepkepen dan di Gedung PPWG GBKP Kabanjahe. Pengungsi yang berada di PPWG sebahagian besar pindahan dari beberapa jambur.

2. Jumlah pengungsi di Posko GBKP di Kantor Klasis Kabanjahe, meningkat menjadi 800 orang. Terjadi peningkatan jumlah yang besar. Mereka juga sebagian besar pindah dari beberapa jambur lain.

3. Posko Anak Ceria GBKP. Kegiatan di Posko anak sangat dinamis. Anak-anak remaja telah dipersiapkan untuk menjadi relawan bagi kegiatan anak-anak. Sambutan anak-anak di pengungsian sangat antusias. Terlebih hari ini sekitar pukul 12.00 Ketua Komnas Perlindungan Anak Bpk Aries Merdeka Sirait ; kak Henny didampingi Bpk Herry dari Kementrrian Sosial; dan beberapa orang team lainnya dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan; mengunjungi Posko GBKP. Mereka mengadakan kegiatan di beberapa Psko. Kegiatan relawan anak dan evaluasinya terlampir.


4. Hari ini Team Penanggulangan Bencana GBKP telah mendapat informasi lisan tentang rencana kedatangan RI 1 Senin, tgl 6 September 2010. Untuk merespons hal tersebut Moderamen telah mengadakan rapat pada pukul 19.00 – 20.00 Wib. Moderamen mengapresiasi rencana kedatangan Presiden RI dan saat ini sedang diupayakan agar Presiden juga mengunjungi Posko GBKP.

5. KUNJUNGAN KETUA UMUM PGI. Ketua Umum PGI Pdt DR A.A. Yewangoe dan Sek. Eskutif Dep. Perempuan & Anak PGI Pdt Krisje Gosal dalam kujungan hari ke duanya telah berkunjung ke Posko GBKP di Jl. Udara Berastagi yang dikelola Moria GBKP; ke Posko Kantor Klasis Kabanjahe dan ke Posko Panti Asuhan GBKP di Sukamakmur.

Di hari pertama beliau mengunjungi desa Gurukinayan; Tanjung, desa yang telah kosong penghuninya. Kemudian menuju desa Tanjung , Siabang-abang dan Jambur Tuah Lohpati di Kabanjahe.
Dari dua hari perkunjungan Ketua Umum PGI ke Posko-posko pengungsi, beliau menyatakan bahwa :
• GBKP tidak membeda-bedakan pengungsi, baik dari segi agama, suku. (Cttn : Di beberapa Posko, GBKP mempersiapkan makanan untuk buka puasa dan sahur).
• Pengungsi tidak kelaparan dan sehat.
• Beberapa kutipan dari sambutan beliau : “Kita mengalami bencana oleh letusan Gunung Sinabung, bencana ini bukan untuk sebagian orang tapi untuk semua orang, bukan hanya untuk orang Kristen atau Islam, tetapi untuk semua. Disinilah kadang-kadang kita sulit mengerti, tapi ternyata bencana telah mempersatukan kita. Dibalik bencana, kerukunan umat terlihat, saling menolong, dan saling mengasihi . Di sini kita umat Kristen berkumpul dan, disana saudara kita melaksanakan shalat teraweh tidak ada masalah. Saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim.”
Ketua Umum kembali ke Jakarta pukul 17.00 WIB.




6. Perkunjungan Moderamen : Dalam rangka penguatan Iman dan semangat para pengungsi, hari ini Moderamen sih terus mengunjungi para pengungsi, serta mengadakan beberapa kegiatan khususnya dalam rangka pemulhan trauma atau management stress. Di bawah ini gambaran kegiatan Modermen GBKP :


Kegiatan Moderamen tgl 4 september 2010


1. Ketua Umum : Pdt. MP Barus
Kunjungan ke:
• Tigabinanga : pengungsi sekitar 1.200 orang
• Singgamanik : pengungsi tidak terlalu banyak
• Perbesi : pengungsi lebih banyak dari hari-hari sebelumnya
• Tanjung : Membutuhkan Cabe, Tomat dan Bawang.

2. Pdt. Simon Tarigan
• Mendampingi Ketua Umum PGI ke KWK dan Posko utama
• Tamu yang berkunjung : Binsar Nainggolan (HKBP)

3. Pdt. Kongsi Kaban
Kunjungan ke posko Tigabinanga, posko Perbesi dan posko Kantor Klasis Kabanjahe dalam acara sosialisasi managemen stress (pengendalian badan, pernafasan dan pikiran, dan cerita budaya untuk kerukunan umat bergama) kepada pengungsi.
• Kordinator : Mulia perangin-angin
• Anggota : - Pdt. Kongsi Kaban
- Budi Keliat (FIK UI)
- Sri Deli Keliat (Moria GBKP Psr 7 Medan)
- Jeni Purba (F.Keb USU)
- Sri Eka Mulyani (F.Keb USU)
- Rosina Tarigan (F.Keb USU)
- J. Sipayung ( RS Sari Mutiara)GBKP.
- Laura Siregar ( RS Sari Mutiara)
- Fidel ( RS Sari Mutiara)
Mugeni ( RS Sari Mutiara)

4. Pdt Erik Barus DTh bersama-sama Sekum mendampingi Ketua Umum PGI & Dep. Perempuan & Anak - mengunjungi Posko KWK GBKP di Berastagi dan Posko Panti Asuhan Sukamakmur. Demikian juga menyambut kedatangan Team Komnas Perlindungan Anak Jakarta , Dinsos, KPP Jakarta.
5. Pdt Rosmalia Barus kordinasi tenaga relawan serta data.
6. Pt Ananta Purba, mempersiapkan bahan HUMAS serta mendampingi Posko GBKP.
7. Dkn Akor tarigan, mendampingi Posko.
8. Tenaga relawan hari ini (terlampir).
9. Tenaga Relawan & Evaluasi bidang Anak (terlampir)
10. Jaringan Mitra yang masih aktif di Posko GBKP yaitu : YEU; Gerakan Kemanusiaan Indonesia Jabar; RS Bina Kasih; TAGANA SUMUT; TAGANA / ASIGANA GBKP; PMI; UEM;
Demikianlah Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat bermanfaat.
Tuhan memberkati.



Team Penanggulangan Bencana Gn Sinabung GBKP

Ketua Sekretaris


Pdt Agsutinus Purba Pdt Rosmalia Barus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023